tarif PDAM belum bisa dikatakan bakal naik ataupun turun karena masih menunggu keputusan walikota

MAGELANG – PDAM Kota Magelang memilih melakukan pengajuan tarif air minum. Meski dari pengajuan baru tersebut, belum bisa dikatakan bakal naik ataupun turun karena masih menunggu keputusan walikota. Hanya saja, sinyal dari Sekretaris Dewan Pengawas (DP) PDAM Kota Magelang, Agus Susatyo, tarif cenderung bakal turun. “Kami telah menerima pengajuan dari Direktur PDAM soal tarif yang baru pada Rabu (25/5) lalu. Kajian sementara kita, tarif bakal turun. Tapi semua masih tergantung nanti keputusan Pak Wali,” kata Agus Susatyo, kemarin.

Dikemukakan pria yang menjabat Plt Kepala DPU Kota Magelang bahwa melihat berbagai pembicaraan dengan Walikota Sigit Widyonindito, ada kecenderungan yang bersangkutan tetap akan berpihak kepada masyarakat. Sehingga besar kemungkinan, tarif akan turun. “Melihat beliau (walikota) yang berpihak kepada masyarakat, terutama masyarakat miskin, bisa saja kajian tarif yang di DP cenderung turun, mungkin akan diturunkan lagi oleh Pak Wali,” tuturnya.

Munculnya pengajuan tarif baru juga tidak lepas dari adanya masukan dari masyarakat, termasuk LSM dan DPRD. Sehingga tarif baru yang diusulkan oleh Direktur PDAM kerangkanya tidak lepas dari rekomendasi Komisi B maupun somasi LSM. “Masuk-masukan tadi kemudian dikaji menjadi tarif baru yang diusulkan Direktur PDAM ke DP,” jelasnya.

Menurut Agus, posisi kenaikan tarif yang berlaku mulai 1 Peberuari 2011 lalu sebenarnya sudah mendapat persetujuan dari masyarakat. Hal tersebut bisa dilihat dari proses sosialisasi kenaikan tarif yang dilakukan PDAM tanpa permasalahan. Namun saat diingatkan koran ini bahwa faktanya kalangan mahasiswa sampai berdemo soal tarif, juga adanya somasi dari LSM termasuk rekomendasi dari Komisi B agar PDAM melakukan revisi tarif, Agus membenarkan. “Faktanya sosialisasi tidak ada masalah. Tetapi ketika ada masalah dari mahasiswa, juga LSM dan dewan itu persoalan lain. Tidak usah dibicarakan,” ujarnya.

Ditanya soal kapan persetujuan walikota akan turun terhadap tarif baru tersebut, Agus menjawab tidak lama lagi. “Ya tinggal menunggu beliau pulang, karena saat ini sedang rapat kepala daerah se Indonesia di Banda Aceh,” tegasnya.
Terpisah, Ketua Komisi B DPRD Kota Magelang, Yudhi Ismono meminta peninjauan kembali kenaikan tarif PDAM harus mengacu pada Permendagri nomor 23 tahun 2006 tentang Pedoman Teknis dan Tata Cara Pengaturan Tarif Air Minum pada PDAM. Baik mekanisme kenaikan tarif maupun besaran tarif yang ditetapkan, mesti menaati ketentuan yang termaktub dalam peraturan tersebut. “Dalam rekomendasi yang kita sodorkan ke walikota kan jelas. Kita minta agar kenaikan tarif ditinjau kembali, dan yang lebih penting lagi peninjauan tarif mesti mengacu pada Permendagri 23/2006 karena itu memang dasar hukum dalam menaikkan tarif,” katanya.

Bila kemudian muncul beberapa kalangan yang menyebut Surat Kenaikan (SK) Walikota tentang persetujuan kenaikan tarif terindikasi cacat hukum, maka, hal itu mesti dibuktikan dulu.”Ya, kita kembalikan ke Permendagri 23/2006, mekanisme kenaikan tarifnya seperti apa. Sehingga kita bisa tahu mekanisme yang sudah dilakukan itu sesuai atau tidak dengan ketentuan,” kata pria yang juga ketua DPD PAN Kota Magelang itu.

Sementara itu, persoalan kenaikan tarif ternyata tak hanya berkutat pada masalah tingginya angka kenaikan yang mencapai 60 persen itu. Persoalan juga berkembang pada mekanisme kenaikan tarif yang diduga tidak prosedural atau bertentangan dengan Permendagri 23/2006. Sebab, kenaikan tarif disinyalir tidak melalui DP. Padahal pada Permendagri 23/2006 pasal 21 ayat 1 menyebut tarif ditetapkan oleh kepala daerah berdasarkan usulan direksi setelah disetujui DP yang bari terbentuk 3 Mei 2011 lalu. “Lha kalau usulan baru tarif oleh direktur sudah melalui DP dan persetujuan walikota, seperti yang sekarang sedang ditempuh apa masih salah,” tandas Agus Susatyo.

Sumber Radar Jogja

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: